DERAP LANGKAH HAJI METODE SUKSES DUNIA AKHIRAT

DERAP LANGKAH HAJI SEBAGAI SOLUSI MASALAH DAN METODE SUKSES DUNIA AKHIRAT

Derap langkah haji penuh dengan hikmah yang mendalam. Ibadah yang banyak melibatkan fisik tersebut mendidik umat Islam agar terus bergerak menjadi lebih baik. Namun, tidak semua orang mengetahui bahwa esensi hebat dari ibadah haji bisa kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai metode dahsyat bagi kita yang mendambakan hidup sukses. Bahagia di dunia maupun akhirat.

Berikut ini urutan metode sukses dunia akhirat yang disarikan dari derap langkah haji.
1. Wukuf
2. Lontar jumroh
3. Tawaf
4. Sa’i
5. ZAMZAM

Jalani langkah 1-4 secara berurutan dengan sabar maka hasilnya Zamzam.

1. Wukuf. Awali segala sesuatunya dengan ‘wukuf’. Berdiam diri untuk mengingat Allah. Jawab pertanyaan berikut ini. “Siapa saya? Dimana saya? Mau kemana saya?” Lakukan introspeksi – muhasabah diri. Shalat. Membaca Al-Qur’an. Berzikir. Berdoa. Sadari siapa diri dan tujuan hidup yang sesungguhnya. “Barangsiapa mengenal siapa dirinya maka akan mengenal siapa Tuhannya.”

2. Lontar jumroh. Buang semua belenggu dan setan dari diri. Lontar, buang setan-setan yang ada pada dimensi spiritual: lontar segala kecintaan kepada selain Allah. Dimensi emosional: bersihkan penyakit-penyakit hati, iri, dengki, sombong, pelit, susah melihat orang senang, senang melihat orang susah dan lain sebagainya. Dimensi fisik: lontar segala benda yang kita anggap memiliki kekuatan seperti jimat-jimat, kristal-kristal dan sebagainya. Sehingga hati bersih. Terus beristighfar.

3. Tawaf. Dengan ikhlas Lillahi Ta’ala senantiasa berbuat baik dan beramal soleh bersama sesama hamba-Nya. Menjadi rahmat bagi segenap alam semesta dengan landasan iman dan taqwa. Tanam dan kukuhkan keyakinan dan keimanan dengan menjadikan Allah sebagai tujuan hidup, menyadari para malaikat senantiasa mencatat segala amal baik dan keburukan, menjadikan kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman, para nabi dan rasul sebagai suri teladan, bercita-cita dan berjuang agar bisa masuk surga di hari kiamat, senantiasa ikhlas dan tawakal terhadap segala ketetapan Allah. Dengan terus mengokohkan 6 rukun iman di dalam jiwa.

4. Sa’i. Terus berlari dengan sabar pantang menyerah untuk mencapai tujuan – hidup sukses dan bahagia di dunia dan di akhirat – dengan menjalankan 5 rukun Islam. Misi hidup dua kalimat syahadat sebagai pengabdian kepada Allah. Menegakkan shalat yang akan membentuk karakter mulia. Zakatkan – keluarkan – fitrah kebaikan kepada semesta. Lindungi nilai-nilai dan fitrah kebaikan anugerah Allah dengan berpuasa. Total action dengan haji. Melaksanakan segala aktivitas dengan totalitas dan penuh kesungguhan untuk mencapai tujuan kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

5. ZAMZAM. Lakukan wukuf – lontar jumroh – tawaf – sa’i secara berurutan dan sabar. Jika kita langsung sa’i – bekerja keras untuk mencapai tujuan – tanpa berwukuf, tanpa terlebih dahulu berdiam diri untuk mengenal diri sendiri dan Ilahi Rabbi. Maka kerja keras kita akan berakhir dengan kekecewaan. Selalu mengalami kegagalan dalam mencapai cita dan tujuan. Ataupun sukses mencapai cita dunia tapi hati terasa hampa. Sementara Jika kita langsung melakukan sa’i tanpa terlebih dahulu ber-wukuf dan ber-tawaf, tanpa mengenal diri dan meneguhkan iman dan taqwa kepada-Nya, maka kita akan kena DAM. DENDA. Yang harus dibayar kontan langsung di dunia. Terjadi bencana dan musibah atas izin Allah. Agar kita kembali kepada-Nya. Karena itu, lakukan derap langkah haji ini secara berurutan. Insyaa Allah hidup sukses dan bahagia di dunia dan akhirat akan didapatkan. Inilah dia ZAMZAM yang mengalir abadi dalam kehidupan. Aamiin.

Medan, Jum’at 25 Februari 2022

OK. Mirza Syah
Founder & Leader Spirit Community

Tinggalkan komentar