SUNGGUH INDAH MENINGGALKAN RIBA

SUNGGUH INDAH MENINGGALKAN RIBA

Oleh Meynila Kesuma Ginting, SH, M.Kn

Bismillah.

Sedikit cerita saya, insyaa Allah bisa menginspirasi, aamiin.

Alhamdulillah saya seorang Notaris walaupun ternyata di pekerjaan ini banyak larangan dalam agama Islam yang saya anut yaitu RIBA.

Awalnya saya rekanan bank dan leasing untuk membantu pekerjaan mereka. Pada saat itu Alhamdulillah saya ada kos-kosan yang sepi dan hanya terisi 4 dari 19 kamar.

Pada awal tahun 2019 saya seperti kena tamparan keras mengenai RIBA, timbul kesadaran bahwa ini perbuatan berperang dengan Allah, “Mana mungkin Mey menang.”

Singkatnya saya mulai mencari tau banyak mengenai RIBA di YouTube & IG. Sejak saat itu saya bergegas ke bank & leasing untuk berhenti menjadi rekanan mereka, dan sekarang hanya menerima pekerjaan yang tidak lagi berhubungan dengan RIBA.

Tolong doakan saya insyaa Allah selalu Istiqomah, aamiin.

Dan Alhamdulillah sejak saat itu berangsur-angsur kos-kosan saya mulai terisi & banyak orang minta kamar sehingga ditambah 6 kamar lagi. Sungguh indah meninggalkan RIBA karena banyak rezeki yang tidak terduga dari Allah.

Di samping saya berdoa terus kepada Allah dan ikhtiar juga yaitu salah satunya mengikuti Spirit Training yang awal mulanya saya dapat info dari IG kemudian mengikuti Trainingnya. Terima kasih banyak untuk Pak OK. Mirza Syah dan rekan-rekan sekalian yang telah memberi dukungan untuk segera menyelesaikan utang riba saya.

Segera saya membuat permohonan surat ke salah satu bank BUMN untuk hanya pembayaran utang pokok saja tanpa pembayaran bunga dan adminstrasi. Alhamdulillah dengan proses yang lumayan panjang yaitu 8 bulan dari bulan 9 tahun 2019 sampai dengan kemarin 19 Mei 2020 permohonan saya dikabulkan. Begitu juga permohonan saya untuk cukup melunasi sisa utang pokok tanpa membayar ribanya sama sekali di sebuah perusahaan leasing pun dikabulkan.

Alhamdulillah ya Allah. Terima kasih untuk Suami, Tigan, Ma Uda, Mami, anak-anakku & keluarga yang selalu mendoakan & memberi dukungannya. Insyaa Allah bisa menjadi penyemangat bagi pejuang anti riba yang mana kredit saya di salah satu bank BUMN & perusahaan leasing sudah melakukan pelunasan utang pokok tanpa membayar ribanya sama sekali (bunga, denda dan ongkos lainnya). Gak ada yang gak mungkin bagi Allah. Mohon doanya agar saya selalu istiqomah. Aamiin.

Bagi rekan-rekan yang masih berjuang mari kita tetap bersabar, ikhtiar dan selalu berdoa kepada Allah. Insyaa Allah kita bertaqwa dan sehat selalu. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin..🤲

Medan, 27 Ramadhan 1441 H

20 Mei 2020

2 comments

  1. Bagaimana kita bisa melunasi kredit tanpa bunga yg mn saya bc dr crt bu Ney nih bisa melunasi kredit tanpa bunga dgn proses bbrp lm bungapun ditiadakan…mohon petunjuknya

    Suka

    • 1. Taubatan nasuha
      2. Mendekatkan diri kepada Allah dengan senantiasa meningkatkan iman taqwa dan amal soleh
      3. Nego kepada kreditur agar bisa melunasi utang dengan cukup membayar sisa utang pokok tanpa membayar ribanya sama sekali (bunga, denda dan biaya lain-lain)
      4. Jalani dengan sabar tanpa henti
      5. Semoga Allah meridai. Aamiin.

      Suka

Tinggalkan komentar