HIKMAH PERISTIWA ASHABUL KAHFI

PERISTIWA ASHABUL KAHFI

Hikmah Kisah-kisah dalam Al-Qur’an

Peristiwa pemuda yang tertidur dalam gua adalah salah satu kejadian yang menakjubkan. Allah swt. menidurkan mereka selama 309 tahun, tanpa ada satu pun perasaan di antara mereka bahwa masing-masing telah tertidur dalam waktu yang sangat panjang. Bahkan mereka menyangka dirinya tertidur hanya setengah hari atau satu hari saja. Peristiwa fenomenal ini diabadikan dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Kahf.

HIKMAH KISAH

📚 Allah swt. membuktikan bahwa menghidupkan orang yang mati ataupun tertidur panjang adalah perbuatan yang sangat mudah bagi-Nya.

📚 Dari satu sisi peristiwa ini sangat menakjubkan, namun di sisi lain Allah swt. memberikan nilai yang lebih berharga bagi orang-orang yang hendak memaknainya.

📚 Janji Allah tidak akan meleset. Orang-orang yang menyelamatkan nilai-nilai akidah dan agama, maka mereka akan ditolong dan diselamatkan dari perbuatan orang zalim. (QS Muhammad: 7)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ .٧

“Wahai orang-orang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

(QS. 47 Muhammad: 7)

📚 Peristiwa Ashabul kahfi memberikan gambaran kepada kita bahwa memunculkan suatu peristiwa yang tidak terbayang dan belum pernah terjadi, bahkan tidak mungkin terjadi adalah hal yang mudah bagi Allah, termasuk di antaranya peristiwa hari Kiamat yang oleh orang kafir sangat diragukan.

📚 Peristiwa Ashabul Kahfi dalam Al-Qur’an merupakan bukti kemuliaan Allah swt. terhadap mereka, karena perjuangan mereka dalam menegakkan akidah dan meninggalkan kezaliman.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar