HIKMAH KISAH NABI MUSA AS. DAN SAPI BETINA

NABI MUSA AS. DAN SAPI BETINA

Hikmah Kisah-kisah dalam Al-Qur’an

Allah swt. akan menampakkan segala keburukan yang pernah dilakukan seseorang, baik dengan cara cepat ataupun lambat. Hal itu dibuktikan dengan terungkapnya peristiwa pembunuhan seorang kakek kaya yang dibunuh oleh keponakannya karena mengharapkan warisannya, dengan wasilah seekor sapi. (Qişasul-Anbiyā’, Ibnu Kaśir)

HIKMAH KISAH

📚 Memperbanyak pertanyaan tentang sesuatu akan menyulitkan permasalahan yang ada dan tidak akan menjadikan solusi. Di dalam surah Al-Mā’idah: 101, Allah swt. melarang kita bertanya sesuatu yang akan menyulitkan permasalahan yang ada.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَسْـَٔلُوا۟ عَنْ أَشْيَآءَ إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ وَإِن تَسْـَٔلُوا۟ عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ ٱلْقُرْءَانُ تُبْدَ لَكُمْ عَفَا ٱللَّهُ عَنْهَا ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ .١٠١

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.”

(QS.5 Al-Mā’idah: 101)

📚 Mengikuti dan menaati yang dicontohkan Nabi saw. adalah sesuatu yang mutlak. Walaupun belum diketahui manfaatnya, karena suatu ketika akan didapatkan hikmah dan manfaatnya.

📚 Nabi Musa memukulkan salah satu anggota tubuh sapi pada korban pembunuhan sehingga hidup kembali, itu hanya penyebab saja yang pada hakikatnya adalah Allah swt. yang menghidupkan. Apa yang dilakukan Nabi Musa tidak bisa dipraktikkan oleh kita, karena peristiwa tersebut merupakan mukjizat Nabi Musa yang membuktikan kebenaran beliau di hadapan umatnya.

📚 Di dalam hukum Islam, seorang ahli waris yang menghilangkan nyawa pewaris dengan alasan mengharapkan hartanya, maka ahli waris tersebut tidak mendapatkan bagian, karena secara hukum telah terputus akibat perbuatannya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar