AL BAQARAH 244

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 244
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.وَقَٰتِلُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ .٢٤٤

244. Wa qātilū fī sabīlillāhi wa’lamū annallāha samī’un ‘alīm(un).

244. Dan berperanglah pada jalan Allah (mempertahankannya dari rintangan musuh-musuh-Nya). Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat 243 s/d 245 menerangkan soal membela agama Allah dengan berani berperang. Sifat penakut membawa kehancuran umat. Bangsa yang penakut akan kalah dan dijajah musuh. Umat yang demikian berarti sudah mati. Itulah arti ayat 243.
Hidup kembali berarti bangun dan berjuang dengan segala kekuatan yang ada sehingga mencapai kemenangan. Bangsa yang menang disebut juga bangsa yang hidup.
Berperang memerlukan persiapan alat senjata dan perbekalan yang lengkap. Perang berarti pengorbanan jiwa dan harta. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang mau berkorban itu pembalasan yang berlipat ganda dari jumlah pengorbanannya.
Kisah-kisah perang Al Quranul Karim seperti ini tidak perlu dibahas dengan mendalam: bilamana kejadiannya, di mana terjadinya, berapa yang meninggal, apa alat senjata yang dipergunakan dan sebagainya. Kisahnya sudah bersimpang siur. Cukuplah kita yakini sebagaimana adanya yang tercantum dalam Al Quranul Karim.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

Tinggalkan komentar