NABI MUSA AS. DAN KEHIDUPANNYA

NABI MUSA AS. DAN KEHIDUPANNYA

Hikmah Kisah-kisah dalam Al-Qur’an

Di dalam Al-Qur’an, kisah Nabi Musa sering disebutkan dan dijelaskan dalam beberapa ayat. Seorang ulama tafsir menyebutkan bahwa Al-Qur’an ini seakan-akan hendak menjelaskan tentang riwayat Nabi Musa, karena seringnya Allah swt. menyebutkan kisah Musa di dalamnya, mulai dari lahir sampai hidup bersama Bani Israil.

HIKMAH KISAH

📚 Allah swt. menjaga setiap orang yang akan dijadikan calon utusan. Allah swt. memperlihatkan kepada manusia bahwa orang yang sombong itu akan binasa, seperti Fir’aun yang ditenggelamkam karena kesombongannya, sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah: 50.

وَإِذْ فَرَقْنَا بِكُمُ ٱلْبَحْرَ فَأَنجَيْنَٰكُمْ وَأَغْرَقْنَآ ءَالَ فِرْعَوْنَ وَأَنتُمْ تَنظُرُونَ .٥٠

50. Wa iz faraqnâ bikumul-bahra fa’anjainâkum wa agraqnâ âla fir’auna wa antum tanzurûn(a).

50. Dan ingatlah waktu Kami membelah laut untuk kamu (melepaskan diri), maka Kami selamatkan kamu. Dan Kami tenggelamkan Fir’aun serta pengikut-pengikutnya. Dan kamu sendiri menyaksikan (kejadian itu).

📚 Sikap baik kepada orang yang dikenal atau yang tidak dikenal adalah perbuatan yang harus dilakukan, sebagai bukti kesalehan seorang nabi dan orang-orang saleh. Hal itu sebagaimana yang digambarkan Allah swt. dalam Al-Qur’an tentang sikap Nabi Musa terhadap kedua putri Nabi Syu’aib. Dia membantu mengambilkan air untuk memberi minum ternak mereka.

📚 Hidup manusia selalu didampingi dua hal, yakni keberhasilan dan tantangan. Kesuksesan bukan berarti akhir dari perjuangan, karena setelah itu tantangan telah menanti. Sebaliknya, jika sedang menghadapi tantangan tidak boleh putus asa, karena keberhasilan telah menanti di depan. Hal itu, seperti yang dialami Nabi Musa, yang mengalami fase demi fase yang dilewati antara tantangan dan keberhasilan.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar