AL BAQARAH 238

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 238
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ .٢٣٨

238. Hāfiẓū ‘alaṣ-ṣalawāti waṣ-ṣalātil-wusṭā wa qūmū lillāhi qānitīn(a).

238. Peliharalah semua salatmu dan salat wushta⁹¹ (‘Asar yang banyak gangguannya). Dan berdirilah (hadapkan wajahmu kepada Allah) dengan kekhusukan yang penuh.

Ayat 238 dan 239 secara umum masih ada hubungannya dengan perkawinan, karena salat akan memantapkan hati seorang mukmin untuk mengerjakan semua suruhan Allah dan menjauhkan diri dari semua larangan-Nya. Salat adalah tiang utama agama. Sabda Rasulullah, “Siapa yang mendirikan salat maka ia mendirikan agama, siapa yang meninggalkan salat ia meruntuhkan agama.”
Dalam keadaan bagaimana jua pun shalat tidak boleh ditinggalkan. Caranya boleh bermacam-macam sesuai dengan peristiwa. Waktu dalam keadaan bahaya, boleh sambil berjalan atau berkendaraan, di atas pesawat dan sebagainya. Dalam keadaan sakit boleh sambil berbaring atau cara bagaimana saja. Yang perlu niat dan bacaan yang begitu mudah dikerjakan. Salat yang sempurna akan membentuk akhlak dan budi pekerti mulia. Yang mengerjakannya terjauh dari segala perbuatan keji dan mungkar dan berjasa terhadap agama, bangsa, negara dan umat manusia.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

91. Salat Wusțā menurut Hadis yang sahih adalah salat Asar.

ASBĀBUN NUZUL

238. Ahmad, Imam Al-Bukhari (di dalam kitab Tarikh-nya), Abu Dawud, Al-Baihaqi, dan Ibnu Jarir meriwayatkan dari Zaid bin Sabit bahwa Nabi saw. salat Zuhur ketika siang hari. Bagi para sahabat salat itu adalah yang paling berat dalam melaksanakannya. Kemudian turunlah ayat QS Al-Baqarah: 238.

Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Jarir meriwayatkan dari Zaid bin Sabit bahwa Nabi saw. melaksanakan salat Zuhur pada tengah hari. Saat itu di belakang beliau hanya satu atau dua saf saja. Sementara itu orang-orang sedang tidur siang dan berniaga. Kemudian turunlah ayat ini.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

📖 Allah memerintahkan agar orang-orang Mukmin melaksanakan salat tepat waktu dan memenuhi ketentuan-ketentuannya , yaitu syarat dan rukunnya.

📖 Salat Wuşța adalah salat Asar. Perhatian khusus diberikan oleh Allah terhadap salat ini melebihi salat-salat yang lainnya, mengingat makna yang ada di dalamnya.

HADIS PILIHAN

238. Dari Buraidah, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Barangsiapa yang meninggalkan salat Asar maka amalnya menjadi hancur.'” (HR Al-Bukhari, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al-Baihaqi)

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar