AL BAQARAH: 172

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 172
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ.١٧٢

172. Yā ayyuhal-lażīna āmanū kulū min țayyibāti mā razaqnākum wasykurū lillāhi in kuntum iyyāhu ta’budūn(a).

172. Hai orang-orang yang beriman, makanlah rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu. Dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu benar-benar menyembah-Nya.

Ayat 168 s/d 173 membicarakan makanan yang halal dan haram. Makanan yang dimakan hendaklah yang diperoleh dengan cara yang halal dan berguna untuk kesehatan. Bervitamin dan bergizi tinggi. Di antara makanan yang dilarang ialah bangkai, daging babi, darah dan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain dari nama Allah. Apakah hikmah larangan itu? Ilmuwan dihimbau untuk menyelidikinya. Apakah bahayanya dari segi fisik dan mental? Ilmu dan teknologi akhirnya mengakui kebenaran Al Quranul Karim.

Yang disembelih dengan menyebut nama selain dari nama Allah mungkin akan berpengaruh pada jiwa yang memakannya. Perasaan tidak senang, kegoncangan fikiran karena memakan makanan itu akan ada pengaruhnya pada fisik dan jiwa. Silakan ilmuwan membahasnya. Janganlah seperti orang-orang kafir yang tidak mau mengindahkan seruan Allah, membutakan mata hati dari mendengar kebenaran seperti disebutkan dalam ayat-ayat di atas.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang-orang beriman jangan seperti orang-orang kafir. Apabila dianugerahi rezeki, mereka mengufurinya, bukan mensyukurinya.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

172. Dari ayat ini kita dapat mengetahui bahwa pertama, setiap yang dihalalkan Allah pasti suci dan baik untuk dikonsumsi. Makanan yang haram tidak akan pernah menjadi suci meski menarik hati dan cocok dengan nafsu, seperti orang-orang Eropa yang sangat menggemari daging babi.

Yang kedua, menolak perbuatan orang-orang musyrik yang mengharamkan sembelihan dan segala sesuatu yang mereka persembahkan kepada patung-patungnya. Suatu benda yang halal tidak akan menjadi haram dengan cara seperti itu. Oleh sebab itu, kaum Muslimin dilarang mengharamkan sesuatu seperti mereka. (Benda-benda yang haram hanyalah yang akan diterangkan oleh ayat sesudahnya).

Yang ketiga, mensyukuri nikmat yang ada jika kamu benar-benar beriman kepada Allah.

HADIS PILIHAN

172. Dari Abu Hurairah, Rasul saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Mahabaik dan tidak menerima melainkan yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kaum Mukminin dengan perintah yang ditujukan kepada para Rasul. Allah telah berfirman dalam QS Al-Mu’minūn: 51° dan Al-Baqarah: 172.” Kemudian Rasul menyebutkan seorang pengelana yang telah menempuh perjalanan yang panjang, tubuhnya kusut dan berdebu. Dia menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku,’ sementara makanannya haram, pakaiannya haram, dan mencukupi kebutuhannya dengan yang haram, bagaimana Allah mengabulkan doanya? (HR Muslim, At-Tirmizi, dan Ahmad)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلرُّسُلُ كُلُوا۟ مِنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَٱعْمَلُوا۟ صَٰلِحًا ۖ إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ .٥١

°”Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(Q.S. Al-Mu’minūn 23:51)

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar