AL BAQARAH: 155

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 155
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ .١٥٥

155. Wa lanabluwannakum bisyai’im minal-khaufi wal-jū’i wa naqşim minal-amwāli wal-anfusi waš-šamarāt(i), wa basysyiriş-şābirīn(a).

155. Dan sesungguhnya Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan beri kabar gembiralah orang-orang yang sabar (tabah).

Ayat 153 s/d 157 memperingatkan orang mukmin yang telah mendapat kurnia besar dari Allah s.w.t. berupa terkabulnya permohonan Nabi Muhammad s.a.w. berpindah kiblat dari arah ke Baitul Makdis ke arah Mesjidil Haram, agar tetap sabar dan mendirikan salat. Sabar dan salat itulah yang akan mengokohkan hati dan menguatkan keimanan mereka menghadapi orang Yahudi dan Nasrani yang selalu menentangnya. Orang mukmin jangan gentar menghadapi orang Yahudi dan Nasrani walaupun akan berjatuhan korban berupa syuhadaa. Syuhadaa itu harum namanya, dikenal sejarahnya dan bahagia di akhirat. Itulah yang hidup sebenarnya. Banyak cobaan dan rintangan yang akan ditempuh. Semua itu harus dihadapi dengan kesabaran (ketabahan hati dalam perjuangannya, tidak kenal mundur). Orang mukmin selalu ingat kepada Tuhannya dan manakala musibah menimpanya, ia berkata, “Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun.” Mereka akan mendapat kurnia dan rahmat dari Tuhannya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KATSIR

Semua manusia dipastikan akan mendapat ujian dari Allah, baik ujian kesenangan seperti kekayaan dan jabatan, maupun kesusahan, seperti rasa takut dan kelaparan.

RENUNGAN AYAT

Manusia dipastikan akan mendapat ujian dari Allah, baik ujian kesenangan, seperti kekayaan dan jabatan, maupun kesusahan, seperti rasa takut dan kelaparan. Kita lebih memilih diuji dengan kekayaan dibanding ujian kemiskinan. Bukan hal yang salah, apabila kita meminta kekayaan berlimpah kepada Allah, namun tidak boleh menjadi beban yang merepotkan.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar