AL BAQARAH: 122

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 122
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

يَٰبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتِىَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَنِّى فَضَّلْتُكُمْ عَلَى ٱلْعَٰلَمِينَ .١٢٢

122. Yā banī isrā’īlazkurū ni’matiyal-latī an’amtu ‘alaikum wa annī faddaltukum ‘alal-‘ālamīn(a).

122. Hai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang Aku berikan kepadamu. Dan sesungguhnya Aku telah melebihkan kamu dari seisi alam (umat-umat dan rezeki yang ada dalam alam itu).

Ayat 119 s/d 123 mengingatkan bahwa Nabi Muhammad s.a.w. dan orang-orang mukmin sudah mempunyai pegangan yang teguh, yaitu agama yang benar dari Allah s.w.t. kepada Muhammad dan orang-orang mukmin diingatkan agar tetap waspada menghadapi orang-orang Yahudi dan Nasrani, karena mereka tidak senang sebelum diikuti agamanya. Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani itu) sebenarnya sudah tahu bahwa Muhammad benar. Kepada Bani Israil diingatkan lagi agar mereka selalu mengenang nikmat-nikmat Allah kepada mereka. Di hari akhirat tidak akan ada seorang jua pun yang dapat membela dan memberi syafaat (pertolongan) kepadanya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

KOSAKATA PILIHAN

122. Wa annī faddaltukum: (dan sungguh Aku telah melebihkan kalian) dengan Islam.

‘Alal-‘ālamīn(a): (atas segala umat), yakni umat di zaman kalian.

INTISARI TAFSIR IBNU KATSIR

Orang-orang yahudi Israil diingatkan agar mereka mengikuti Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir dan tidak dengki kepadanya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar