AL BAQARAH: 118

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 118
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَقَالَ ٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ لَوْلَا يُكَلِّمُنَا ٱللَّهُ أَوْ تَأْتِينَآ ءَايَةٌ ۗ كَذَٰلِكَ قَالَ ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِم مِّثْلَ قَوْلِهِمْ ۘ تَشَٰبَهَتْ قُلُوبُهُمْ ۗ قَدْ بَيَّنَّا ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ ﴿١١٨﴾

118. Wa qâlal-lazîna lâ ya’lamûna lau lâ yukallimunallâhu au ta’tînâ âyah(tun), kazâlika qâlal-lazîna min qablihim misla qaulihim, tasyâbahat qulûbuhum, qad bayyannal-âyâti liqaumiy yûqinûn(a).

118. Dan orang-orang yang tidak mengetahui berkata, “Mengapa Allah tidak (langsung) berbicara dengan kami atau sampai kepada kami tanda-tanda kekuasaan-Nya?” Demikian pulalah ucapan orang-orang (umat-umat) sebelum mereka. Sama saja pikiran (perasaan) mereka. Sudah (cukup) Kami terangkan tanda-tanda kekuasaan Kami kepada kaum yang (mau) yakin (percaya).

Begitulah ulah kaum musyrikin menentang seruan Nabi Muhammad s.a.w. Minta ini dan itu untuk membuktikan kerasulannya. Padahal semua sudah diberikan buktinya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

ASBÂBUN NUZÛL

118. Rafi’ bin Khuzaimah pernah berkata kepada Nabi saw., “Jika kau benar utusan Allah seperti yang kau katakan, sampaikan pada Allah agar kami bisa bercakap-cakap dengan-Nya dan mendengar ucapan-Nya!” Lalu turunlah ayat di atas.

INTISARI TAFSIR IBNU KATSIR

📖 Berbagai cara penolakan kenabian Muhammad dilakukan oleh orang-orang musyrik. Mereka mengatakan, jika Muhammad benar seorang nabi, Allah akan mengatakan langsung kepada mereka tentang kenabiannya.

📖 Apa yang dilakukan oleh orang-orang musyrik dalam menolak kenabian Muhammad sama persis dengan apa yang dilakukan oleh ahli kitab sebelumnya kepada nabi mereka.

RENUNGAN AYAT

Banyak orang, termasuk kita di dalamnya, yang menganggap bahwa kebenaran hanya ada pada dirinya, dan menganggap bahwa yang patut menerima kebenaran hanya mereka. Begitu juga kita menganggap bahwa yang patut menerima kesuksesan hanya kita sendiri. Hal yang sama dilakukan oleh orang-orang musyrik Arab yang mengatakan, jika Muhammad benar seorang nabi, Allah akan mengatakan langsung kepada mereka tentang kenabiannya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar