SOLUSI BEBAS UTANG DAN RIBA

SOLUSI MEMBEBASKAN DIRI DARI JERAT UTANG DAN RIBA

Bayangkan hidup yang bebas dari jeratan utang dan riba, alangkah indah dan bahagianya bukan?

Simak langkah-langkah menyelesaikan utang dan riba berikut ini. Moga bermanfaat dunia akhirat. Aamiin.

MULAI DENGAN MEMBANGUN KESADARAN DIRI

Menyadari kesalahan kita melakukan transaksi riba. Bahwa efek buruk dari utang dan riba yang kita lakukan berupa penderitaan dan musibah yang terjadi menimpa diri akibat kesalahan kita sendiri yang melakukan apa yang diharamkan Allah.

Kita juga harus menyadari bahwa kebiasaan ngutang adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Menyadari tabiat buruk utang di dunia dan konsekuensi utang di akhirat kelak.

Setelah menyadari kesalahan kita dan mengakui semua musibah yang kita alami adalah akibat dosa kita yang berani melawan Allah dan rasul-Nya karena melakukan riba maka berikutnya adalah ACTION agar Allah berkenan membantu kita.

AGAR LANGKAH KITA EFEKTIF MAKA ACTION KITA 80-90 PERSEN ADALAH MENGETUK PINTU LANGIT. MERAYU ALLAH AGAR BERKENAN MENOLONG KITA. SEMENTARA 10-20 PERSEN BERIKUTNYA ADALAH STRATEGI BUMI. TEKNIS MENYELESAIKAN UTANG DAN CARA BERKOMUNIKASI DENGAN PIHAK KREDITUR.

MARI KITA MULAI LANGKAH ACTION DENGAN NIAT LURUS IKHLAS MURNI LILLAHI TA’ALA.

ACTION:

1. TAUBATAN NASUHA
Istighfar minta ampun sama ALLAH, shalat taubat dan berjanji tidak mengulangi lagi berbuat dosa riba dan dosa serta maksiat lainnya. Termasuk menghentikan membayar cicilan utang riba yang masih berjalan.

2. DOA LISAN MAUPUN TULISAN
Doa kepada ALLAH baik doa lisan maupun doa tertulis.

3. TINGGALKAN RIBA DAN SEMUA YANG HARAM DAN SUBHAT
Tinggalkan semua transaksi yang haram, makruh maupun yang subhat agar ALLAH berkenan mengijabah doa kita.

4. BAYAR UTANG DAN TIDAK MEMBAYAR RIBANYA
Riba haram dibayar, utang wajib dibayar. Dan kewajiban kita kepada kreditur adalah membayar sisa utang pokok tanpa membayar ribanya sama sekali.

5. KOMUNIKASI KE KREDITUR POIN 4 DI ATAS BAHWA KITA MAU BAYAR SISA UTANG POKOK DAN TIDAK MAU BAYAR BDO (BUNGA DENDA ONGKOS) KARENA ITU RIBA DAN RIBA HARAM DOSA BESAR
Sebagai insan yang beretika maka lakukan pendekatan kepada kreditur yang telah memberikan kita utang, baik pendekatan secara lisan maupun secara tertulis agar kreditur bersedia menghapuskan sisa riba yang belum dipungut.

6. PENUHI AMANAH DAN JANJI
Amanah dan janji wajib ditunaikan. Perbaiki hubungan ke sesama diawali memperbaiki hubungan dengan keluarga.

7. PERBAIKI ORIENTASI HIDUP. MISI KITA SESUNGGUHNYA ADALAH PENGABDIAN KEPADA ALLAH. MISSION STATEMENT DUA KALIMAT SYAHADAT
Manusia terjebak utang dan riba antara lain karena orientasi hidup yang salah selama ini. Perbaiki tujuan hidup kita. Sesungguhnya hidup kita, apapun yang kita lakukan, dimanapun kita berada, adalah sebagai pengabdian kepada ALLAH.

8. TEGAKKAN SHALAT
Tegakkan shalat dan tegakkan juga nilai-nilai yang terkandung dalam shalat. Bantulah diri kita dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang yang sabar.

9. BAYAR ZAKAT DAN BANYAK-BANYAK SEDEKAH SEMAKSIMAL MUNGKIN
Dalam rezeki yang ALLAH berikan terdalam hak orang lain. Bagaimana ALLAH mau menambah rezeki kita sementara kita sendiri abai terhadap hak orang lain dalam harta titipan ALLAH pada diri ini?

10. BERPUASA BAIK WAJIB MAUPUN SUNAT
Puasa itu mencegah kita dikuasai oleh hawa nafsu yang menghancurkan. Dengan berpuasa maka kita memerangi sifat buruk yang merusak nilai-nilai kebaikan murni yang ada dalam diri kita.

11. TOTAL ACTION SEMUA LANGKAH SEPERTI DERAP LANGKAH JAMAAH HAJI
Total action dengan penuh kesabaran, semangat dan kegigihan dengan senantiasa menggarap ridha-NYA hingga kemenangan tiba. Hingga air zamzam mengalir dalam hidup kita. Utang lunas tanpa bayar riba, hidup bahagia penuh berkah dunia akhirat. ALLĀHU AKBAR!

12. TOLONG MASALAH ORANG LAIN TERMASUK BEBAS KAN UTANG ORANG LAIN PADA KITA BAIK KESELURUHAN MAUPUN SEBAGIAN
Tolong yang di bumi agar ditolong yang di langit.

13. HILANGKAN RASA MEMILIKI TERHADAP HARTA
Jangankan harta, bahkan nyawa kita, diri ini, sesungguhnya milik ALLAH dan akan kembali kepada Sang Pemiliknya.

14. JUAL ASET
Jual aset untuk melunasi utang. ALLAH akan ganti dengan yang lebih baik.

15. GIAT BERUSAHA DAN BEKERJA
Dan bergiatlah kamu memberi manfaat bagi sesama manusia karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling banyak memberikan manfaat pada sesamanya.

16. TINGGALKAN PERILAKU BOROS.LAKUKAN FINANCIAL CHECK UP
Bedakan mana kebutuhan mana keinginan. Seseorang sampai terjebak utang dan riba karena tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

17. LAKUKAN DAKWAH
Kita bisa selamat dan sadar karena dakwah. Karena itu lanjutkan estafet dakwah ini dan jangan berhenti hingga ajal menjemput. Barangsiapa menolong agama ALLAH maka ALLAH akan menolongnya dan meneguhkan kedudukannya.

18. TERUS BELAJAR. IKUTI KAJIAN, SEMINAR DAN PELATIHAN TENTANG BAHAYA UTANG DAN RIBA. TENTANG BAGAIMANA TEKNIK MENYELESAIKAN UTANG DAN RIBA
Jangan puas diri. Ilmu yang kita miliki hanyalah secuil saja dari ilmu ALLAH. Teruslah belajar dari buaian hingga liang lahat karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.

19. TERUS BERSYUKUR PADA ALLAH ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIANYA
Apabila kita bersyukur maka ALLAH akan tambah nikmat-NYA, apabila kita kufur, ingkar akan nikmat-NYA, maka ketahuilah azab-NYA sangat pedih.

20. BERJAMAAH
Berjamaahlah jangan sendirian. Karena serigala akan mudah memangsa domba yang sendirian. Bersatu kita teguh, bercerai kita rubuh. ALLĀHU AKBAR!

Moga Allah meridai. Aamiin.

Medan, Ahad, 14 Agustus 2018.
OK. Mirza Syah
085276296688

6 comments

  1. Pak tolong,solusinya. 4thn yg lalu,saya diminta i,tolong oleh kenalan saya untuk ambil 1 unit mobil dilising,masa hutang 4 thn,uang dp dan angsuran dari tmn saya,sudah berjalan 1.5thn.mobil nya di nyatakan hilang,pihak lising kejar saya..yg mau saya tanyakan.apakah saya yg berhutang atau tmn sya yg berhutang,siapakah yg hrs bertanggung jwb sesungguh nya soal hutang ini.lau apakah saya yg harus melunasi hutang ke lising.ataukah tmn saya,yg pinjam ktp saya.dan bagaimana solusi nya

    Suka

Tinggalkan komentar