AL BAQARAH: 95

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 95
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَلَن يَتَمَنَّوْهُ أَبَدًۢا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِٱلظَّٰلِمِينَ .٩٥

95. Wa lay yatamannauhu abadam bimâ qaddamat aidîhim, wallâhu ‘alîmum biz-zâlimîn(a).

95. Dan tidaklah mereka mengingini kematian itu selama-lamanya, karena telah banyak dosa yang mereka perbuat. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang aniaya.

Ayat 92 s/d 96 masih dalam rangka seruan Musa kepada Bani Israil agar mereka beriman. Mereka beriman kepada Allah s.w.t. tetapi menjadikan anak sapi sembahan mereka. Kekafiran mereka telah begitu mendalamnya sehingga bermacam ancaman Allah s.w.t. seperti diangkatkan bukit yang akan menimpa mereka tidak membekas pada hatinya. Kecintaannya kepada dunia berlebihan. Mereka ingin hidup seribu tahun. Umur panjang di dalam kekafiran tidaklah akan menjauhkan orang dari azab neraka. Orang yang baik ialah yang panjang umurnya dan banyak amal salehnya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

📖 Kaum Muslimin mengajak orang-orang yahudi untuk melakukan mubâhalah (sumpah laknat) bagi kedua belah pihak, tetapi ajakan ini ditolak mereka.

📖 Penolakan orang-orang yahudi terhadap ajakan mubâhalah menjadikan kaum Muslimin mengetahui bahwa orang-orang yahudi benar-benar orang-orang zalim.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

95. Aidîhim: Ibnu ‘Abbas menafsirkan ayat ini tentang ajakan mubâhalah. Yakni dikatakan kepada kaum yahudi, “Jika kamu mengingkari kenabian Nabi Muhammad saw. dan mengaku sebagai kekasih Allah, mari kita ber-mubâhalah (saling berdoa).” Maksudnya kedua belah pihak, kaum yahudi dan umat Islam berkumpul di suatu tempat dan berdoa kepada Allah agar memusnahkan golongan yang berdusta. Ajakan ini juga diterangkan dalam surah Al-Jumu’ah.

Kaum nasrani Najran juga pernah diajak untuk saling berdoa sebagaimana yang diterangkan dalam surah Âli ‘Imrân. Mengenai perihal mereka Allah juga berfirman, “Sekali-kali mereka tidak akan menginginkan kematian itu selamanya (mubâhalah).” Ibnu Kasir lebih menyukai pendapat ini.

HADIS PILIHAN

95. Dari Ibnu ‘Abbas ra., ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Seandainya orang-orang yahudi benar-benar menginginkan mati, maka mereka pasti akan mati, dan mereka pasti melihat tempat-tempat tinggal mereka di neraka.'” (HR Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmizi, Ahmad, dan An-Nasa’i)

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar