AL BAQARAH: 94

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 94
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

قُلْ إِن كَانَتْ لَكُمُ ٱلدَّارُ ٱلْءَاخِرَةُ عِندَ ٱللَّهِ خَالِصَةً مِّن دُونِ ٱلنَّاسِ فَتَمَنَّوُا۟ ٱلْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ .٩٤

94. Qul in kânat lakumud-dârul-âkhiratu ‘indillâhi khâlisatam min dûnin-nâsi fatamannawul-mauta in kuntum sâdiqîn(a).

94. Katakanlah, “Jika kamu (mengira bahwa) kampung akhirat itu dikhususkan Allah untukmu saja tanpa ikut orang lain maka mintalah (kematian itu sekarang), jika memang kamu benar.”

Ayat 92 s/d 96 masih dalam rangka seruan Musa kepada Bani Israil agar mereka beriman. Mereka beriman kepada Allah s.w.t. tetapi menjadikan anak sapi sembahan mereka. Kekafiran mereka telah begitu mendalamnya sehingga bermacam ancaman Allah s.w.t. seperti diangkatkan bukit yang akan menimpa mereka tidak membekas pada hatinya. Kecintaannya kepada dunia berlebihan. Mereka ingin hidup seribu tahun. Umur panjang di dalam kekafiran tidaklah akan menjauhkan orang dari azab neraka. Orang yang baik ialah yang panjang umurnya dan banyak amal salehnya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

ASBÂBUN NUZÛL

94. Ibnu Jarir meriwayatkan dari Abul ‘Aliyah, dia berkata, “Kaum yahudi berkata, ‘Tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang telah mendapatkan petunjuk (yahudi).’ Kemudian Allah menurunkan ayat ini.”

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang-orang yahudi mengaku bahwa mereka mendapatkan keistimewaan dari Allah sebagai anak dan kekasih-Nya, sehingga hanya mereka yang dapat masuk surga, bukan umat lain.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar