AL BAQARAH: 92

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 92
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

۞ وَلَقَدْ جَآءَكُم مُّوسَىٰ بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ ٱتَّخَذْتُمُ ٱلْعِجْلَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَنتُمْ ظَٰلِمُونَ .٩٢

92. Wa laqad jâ’akum mûsâ bil-bayyinâti summattakhaztumul-‘ijla mim ba’dihî wa antum zâlimûn(a).

92. Sesungguhnya telah datang kepadamu Musa lengkap dengan bukti-bukti (mukjizat-mukjizat) yang membuktikan kebenarannya, kemudian kamu sembah anak sapi sementara ia pergi. Dan kamu adalah orang-orang yang aniaya.

Ayat 92 s/d 96 masih dalam rangka seruan Musa kepada Bani Israil agar mereka beriman. Mereka beriman kepada Allah s.w.t. tetapi menjadikan anak sapi sembahan mereka. Kekafiran mereka telah begitu mendalamnya sehingga bermacam ancaman Allah s.w.t. seperti diangkatkan bukit yang akan menimpa mereka tidak membekas pada hatinya. Kecintaannya kepada dunia berlebihan. Mereka ingin hidup seribu tahun. Umur panjang di dalam kekafiran tidaklah akan menjauhkan orang dari azab neraka. Orang yang baik ialah yang panjang umurnya dan banyak amal salehnya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Telah terbiasa, orang-orang yahudi mengingkari kenabian, sebagaimana mereka lakukan terhadap kenabian Musa, padahal kemukjizatannya mereka saksikan sendiri.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

92. Di sini juga bukti pengingkaran dan keangkuhan mereka. Nabi Musa as. membawa ayat-ayat yang jelas dan dalil-dalil yang tegas bahwa ia adalah utusan Allah swt. dan beribadah hanya kepada Allah swt., namun walaupun begitu mereka selalu menyusahkannya dengan meninggalkan Allah swt. dan menyembah anak sapi.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar