AL BAQARAH: 91

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 91
Surat ke 2. Jumlah ayatnya 286.

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ ءَامِنُوا۟ بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ قَالُوا۟ نُؤْمِنُ بِمَآ أُنزِلَ عَلَيْنَا وَيَكْفُرُونَ بِمَا وَرَآءَهُۥ وَهُوَ ٱلْحَقُّ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَهُمْ ۗ قُلْ فَلِمَ تَقْتُلُونَ أَنۢبِيَآءَ ٱللَّهِ مِن قَبْلُ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ .٩١

91. Wa izâ qîla lahum âminû bimâ anzalallâhu qâlû nu’minu bimâ unzila ‘alainâ wa yakfurûna bimâ warâ’ahû wa huwal-haqqu musaddiqal limâ ma’ahum, qul falima taqtulûna ambiyâ’allâhi min qablu in kuntum mu’minîn(a).

91. Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Berimanlah kepada Al Quranul Karim yang diturunkan Allah,” mereka menjawab, “Kami hanya beriman kepada Kitab yang diturunkan kepada kami.” Dan mereka kafir kepada Al Quranul Karim yang diturunkan sesudah Taurat. Padahal Al Quranul Karim itu adalah Kitab yang hak, membenarkan Taurat yang ada pada mereka. Katakanlah, “Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah, jika betul kamu orang-orang yang beriman?”

Ayat 90 dan 91 masih menerangkan kekafiran Bani Israil kepada Al Quranul Karim, walaupun sudah mereka ketahui kebenarannya dalam kitab Taurat mereka. Sifat dengki dan kekafiran yang sudah begitu mendalam dalam jiwa mereka telah menutup mata hatinya untuk beriman. Kutuk dan laknat Tuhanlah yang akan mereka derita.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Kekufuran orang-orang yahudi terhadap Al-Qur’an tidak beralasan sama sekali. Sebagai wahyu yang benar, Al-Qur’an pun membenarkan terhadap Taurat yang ada pada mereka dan mereka mengetahui itu.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

91. Maksudnya, sebenarnya kalian tidak mengimani Taurat. Jika kalian benar-benar beriman kepada Taurat, niscaya kalian tidak akan membunuh para nabi, yang menunjukkan bahwa pengingkaran yang kalian lakukan hanya berdasarkan keangkuhan dan kedengkian.

Bimâ unzila ‘alainâ : Maksudnya, kami hanya beriman kepada Taurat dan tidak perlu lagi mengimani kitab setelahnya yakni Al-Qur’an.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar