AL BAQARAH: 86

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 86
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ ٱشْتَرَوُا۟ ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا بِٱلْءَاخِرَةِ ۖ فَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمُ ٱلْعَذَابُ وَلَا هُمْ يُنصَرُونَ .٨٦

86. Ulâ’ika-lazínasytarawul-hayâtad dun-yâ bil-âkhirati falâ yukhaffafu ‘anhumul-‘azâbu wa lâ hum yunsarûn(a).

86. Merekalah orang-orang yang membeli (menukar) kehidupan dunia dengan akhirat. Maka tidaklah akan diringankan siksaan mereka dan mereka tidak pula akan ditolong.

Ayat 84 s/d 86 menerangkan janji-janji yang diikrarkan oleh Bani Israil. Di antaranya: tidak akan berbunuh-bunuhan dan tidak akan mengusir saudara setanah air. Ternyata janji itu tidak ditepatinya. Bunuh-membunuh tetap terjadi. Pengusiran berjalan terus. Permusuhan bertambah berkobar. Yang anehnya jika ada kaum mereka yang tertawan, mereka mau menebusnya. Mereka hanya mengamalkan sebahagian isi Taurat. Tindak-tanduk mereka melanggar janji dan tidak memegang teguh isi Taurat mendatangkan malapetaka dan azab yang berat sekali baginya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Persengketaan antar yahudi di Madinah dipicu oleh kepentingan dunia, hingga mereka melupakan perjanjian yang telah dibuat atas nama Allah dan Rasul-Nya.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

86. Ayat ini menerangkan hukuman orang-orang yang mengamalkan suatu hukum dan meninggalkan hukum yang lain. Di dunia mereka mendapatkan kenistaan, dan kehinaan lawan dari kemuliaan dan keperkasaan (yang hanya diperoleh dengan mengamalkan agama secara keseluruhan). Dan di akhirat mereka tidak mendapatkan kebahagiaan sedikit pun melainkan siksaan yang pedih dan abadi. Ayat ini memberi kesimpulan bahwa ketaatan yang diterima Allah hanyalah ketaatan yang sempurna. Allah tidak akan menerima suatu ketaatan yang didasari dengan meyakini sebagian agama dan menghiraukan sebagian yang lain. Ayat ini mengajak umat Islam untuk merenungkan maksud yang terkandung di dalamnya. Apakah kehinaan dan kenistaan yang dialami umat Islam pada zaman sekarang karena terdapat pada diri mereka hal-hal yang terdapat dalam ayat ini?

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar