HADIS KESEMBILAN BELAS: MINTALAH PERTOLONGAN KEPADA ALLAH

HADIS ARBA’IN AN-NAWAWI

-HADIS KESEMBILAN BELAS-
MINTALAH PERTOLONGAN KEPADA ALLAH

عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْماً، فَقَالَ : يَا غُلاَمُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: اْحْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ اْلأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ اْلأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفِ

[رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح وفي رواية غير الترمذي: احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إِلَى اللهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّةِ، وَاعْلَمْ أَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ، وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً].

Dari Abu Al-‘Abbas – Abdullah bin ‘Abbas – ra., dia berkata, “Suatu saat aku berada di belakang Nabi saw., maka beliau bersabda, “Wahai ananda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa perkara: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu; Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada di hadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah. Jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, sesungguhnya jika suatu umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikit pun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering.'”

(HR At-Tirmizi, dia berkata bahwa hadis ini hasan sahih. Dalam riwayat lain, “Jagalah Allah niscaya engkau akan mendapati-Nya di depanmu, akrablah kepada Allah di saat senggang niscaya Dia akan akrab kepadamu di saat genting, dan ketahuilah bahwasanya sesuatu yang melampauimu tidak akan terjadi padamu dan sesuatu yang menimpamu tidak akan melampauimu, ketahuilah bahwa pertolongan bersama kesabaran, bahwasanya kesenangan bersama kesusahan, dan bahwasanya bersama kesukaran terdapat kemudahan.”)

(AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1. HAL. 174)

Tinggalkan komentar