AL FAATIHAH (PEMBUKAAN): 6

AL FAATIHAH (PEMBUKAAN): 6
Surat ke-1. Jumlah ayatnya 7.

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ .٦

6. Ihdinaş şirâţal-mustaqîm(a).

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus.²

Petunjuk (hidayah) Allah kepada manusia untuk mencapai cita-cita hidup bahagia dunia akhirat cukup lengkap. Semenjak dari bayi ia sudah mendapat hidayah menangis untuk menyatakan keinginannya. Kemudian hidayah pemberian panca indera. Disusul oleh hidayah akal fikiran. Dengan akal fikiran banyak yang dapat dibuat manusia. Ilmu dan teknologinya mengubah wajah dunia. Yang paling terakhir dan yang paling utama ialah hidayah agama. Hidayah agama yang membimbing akal fikiran agar jangan salah arah. Hidayah agama yang akan membawa kebahagiaan hidup dunia akhirat. Manusia tidak akan bahagia tanpa hidayah agama.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

2. Jalan yang lurus, yaitu jalan hidup yang benar, yang dapat membuat bahagia di dunia dan akhirat.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Berdoa memohon kebaikan bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk orang banyak.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

6. Hidayah dimaknai dengan petunjuk jalan yang lurus, memberi kekuatan untuk menempuh jalan dan memberi keteguhan sehingga memperoleh rida Ilahi. Sirât Mustaqîm adalah petunjuk yang tidak akan bisa diperoleh jika hanya mengandalkan akal dan kecerdasan semata, namun memerlukan bimbingan dan taufik, sebagaimana yang termaktub dalam Al-Qur’an dan As-Sunah.

RENUNGAN AYAT

Berdoa memohon kebaikan bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk orang banyak. Kita begitu egois jika hanya berdoa untuk diri sendiri; jangankan untuk orang lain, untuk saudara sendiri pun hampir tidak pernah memintakan kesuksesan untuk mereka. Padahal, Allah mengajarkan agar kita tidak hanya meminta kebaikan untuk diri sendiri, melainkan untuk orang lain juga.

DOA-DOA DALAM AL-QUR’AN

Doa Memohon Petunjuk

6. Ihdinaş şirâţal-mustaqîm(a).

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

7. Şirâţal-lażîna an’amta ‘alaihim, gairil-magdûbi ‘alaihim waladdâllîn(a).

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar