AL FAATIHAH (PEMBUKAAN): 2

AL FAATIHAH (PEMBUKAAN): 2
Surat ke-1. Jumlah ayatnya 7.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ .٢

2. Al-hamdu lillâhirabbil-‘âlamîn(a).

2. Segala pujian kepada Allah, Tuhan alam semesta.

Sudah seharusnya kita memuji Allah s.w.t. karena dari-Nya sumber segala sesuatu. Dia-lah yang telah menciptakan dan menumbuhkan tubuh manusia sehingga menjadi makhluk yang terbaik mempunyai akal fikiran yang memungkinkan ia jadi khalifah Allah s.w.t. di muka bumi. Selain dari itu Allah s.w.t. melengkapkannya dengan pendidikan agama yang membimbing akal pikiran itu agar jangan salah arah.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar BakryINTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Al-Fãtihah berarti pembuka, yaitu pembuka bacaan Al-Qur’an dan pembuka ibadah salat. Sebutan lain untuk Al-Fãtihah adalah Ummul-Kitab dan Ummul-Qur’an, yang artinya induk Al-Qur’an. Dinamai demikian, karena keseluruhan makna Al-Qur’an terangkum dalam kandungan surah Al-Fãtihah.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

2. Al-hamdu lillãh(i): Seluruh pujian hanya milik Allah swt., Dia layak mendapatkan pujian dan pantas menerimanya. Kebaikan, keindahan, dan kesempurnaan dalam diri seseorang pada hakikatnya milik Allah swt.

Al-‘ãlamín(a): Bentuk jamak dari kata ‘ãlam yang berarti seluruh alam. Bila digabungkan dengan kata Rabb, maka mengandung pengertian bahwa Allah telah menunjukkan kesempurnaan-Nya dalam menciptakan, mengurus, memenuhi dan menyediakan segala keperluan yang dibutuhkan makhluknya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar