AL BAQARAH: 84

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 84
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَكُمْ لَا تَسْفِكُونَ دِمَآءَكُمْ وَلَا تُخْرِجُونَ أَنفُسَكُم مِّن دِيَٰرِكُمْ ثُمَّ أَقْرَرْتُمْ وَأَنتُمْ تَشْهَدُونَ .٨٤

84. Wa iz akhaznâ mîsâqakum lâ tasfikûna dimâ’akum wa lâ tukhrijûna anfusakum min diyârikum summa aqrartum wa antum tasyhadûn(a).

84. Dan (ingatlah) ketika Kami memegang janjimu (yaitu): kamu tidak akan menumpahkan darahmu (bunuh-membunuh sesamamu) dan tidak akan mengusir saudaramu dari kampungmu. Kemudian kamu berikrar akan mematuhi (janjimu) dan kamu mempersaksikannya.

Ayat 84 s/d 86 menerangkan janji-janji yang diikrarkan oleh Bani Israil. Di antaranya: tidak akan berbunuh-bunuhan dan tidak akan mengusir saudara setanah air. Ternyata janji itu tidak ditepatinya. Bunuh-membunuh tetap terjadi. Pengusiran berjalan terus. Permusuhan bertambah berkobar. Yang anehnya jika ada kaum mereka yang tertawan, mereka mau menebusnya. Mereka hanya mengamalkan sebahagian isi Taurat. Tindak-tanduk mereka melanggar janji dan tidak memegang teguh isi Taurat mendatangkan malapetaka dan azab yang berat sekali baginya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Kaum yahudi Madinah diingatkan terhadap isi perjanjian (dalam Piagam Madinah) untuk tidak saling bunuh dengan sesama yahudi, mengingat kecenderungan ke arah itu sangat besar di kalangan mereka.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar