AL BAQARAH: 40

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 40
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

يَٰبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتِىَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا۟ بِعَهْدِىٓ أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّٰىَ فَٱرْهَبُونِ ٤٠

40. Yâ banî isrâ’îlazkurû ni’matiyal-latî an’amtu ‘alaikum wa aufû bi’ahdî ûfi bi’ahdikum, wa iyyâya farhabûn(i).

40. Hai Bani Israil!²¹ Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu. Dan penuhi janjimu kepada-Ku²² niscaya Aku penuhi pula janji-Ku kepadamu. Dan hanya kepada-Ku sajalah kamu harus takut.

Bani Israil ialah keturunan Nabi Ya’kub yang terkenal sebagai bangsa Yahudi. Janji mereka ialah: menyembah Allah s.w.t. iman kepada rasul-rasul-Nya dan Muhammad rasul terakhir, dan beramal saleh. Janji Allah s.w.t. ialah memberi pahala dan nikmat.

Ayat 40 memperingatkan Bani Israil kepada berbagai nikmat yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka. Dengan mengingat segala nikmat itu diharapkan mereka akan sadar dan sedia mengikuti ajaran Allah.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

21. Israil adalah sebutan bagi Nabi Ya’kub as. Bani Israil adalah keturunan Nabi Ya’kub as. dan sekarang dikenal dengan nama bangsa yahudi.

22. Di antara janji Bani Israil kepada Allah ialah hanya menyembah Allah, tidak mengadakan tandingan bagi Allah, serta beriman kepada Nabi Muhammad saw. sebagaimana yang tersebut di dalam Taurat.

KOSAKATA PILIHAN

40. Yâ banî isrâ’îla: (hai Bani Israil), yakni hai anak-anak Ya’kub as.

Wa aufû bi’ahdî: (dan tepatilah janji terhadap-Ku), yakni sempurnakanlah janji terhadap-Ku berkenaan dengan Nabi saw. ini.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang-orang Israil diperingatkan agar mengikuti jejak leluhurnya yang saleh, yaitu mereka yang menerima dan meyakini kebenaran yang dibawa oleh para rasul, termasuk Muhammad, dari Allah.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

40. Yâ banî isrâ’îla: Nabi Ya’kub memiliki dua belas anak yang menjadi dua belas kabilah/suku, dari kalangan merekalah banyak nabi dan rasul dilahirkan. Di antara Bani Israil itu terdapat golongan yahudi yang dianugerahi ilmu, agama dan sejarah memiliki kedudukan khusus di negeri Arab.

Oleh sebab itu, untuk mengingat kembali nikmat-nikmat yang Allah anugerahkan kepada mereka, Allah berfirman, “Penuhilah janji-Ku mengenai datangnya nabi akhir zaman yang kalian akan beriman dan mengikuti nabi itu. Jika kalian menunaikan janji-Ku, maka sebagai balasannya Aku akan menghapuskan semua beban dan belenggu yang ada pada kalian karena dosa-dosa kalian yang ada sejak kakek moyang kalian. Dan Aku akan meninggikan derajat kalian kembali. Takutlah kalian bila Aku nanti menurunkan kepada kalian apa yang pernah Aku turunkan kepada kakek moyang kalian di masa lalu, yaitu berupa berbagai macam siksaan dan azab yang kalian telah ketahui sendiri.”

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar