AL BAQARAH: 77

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 77
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

أَوَلَا يَعْلَمُونَ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ .٧٧

77. Awalâ ya’lamûna annallâha ya’lamu mâ yusirrûna wa mâ yu’linûn(a).

77. Apakah mereka tidak mengetahui bahwasanya Allah mengetahui segala (tindak-tanduk mereka), baik yang mereka sembunyikan maupun yang mereka lakukan terang-terangan?

Ayat 75 s/d 82 menerangkan harapan Rasulullah s.a.w. agar orang Yahudi beriman kepadanya. Ternyata harapan itu hampa belaka. Orang Yahudi mengetahui dalam kitab Taurat akan kedatangan Muhammad, tetapi mereka sembunyikan dan Taurat yang asli mereka putarbalikkan isinya. Mana yang membenarkan kedatangan Muhammad mereka buang. Orang-orang yang bodoh ikut teperdaya. Rahasia kedatangan Muhammad mereka simpan dengan teguh. Ucapan mereka sudah beriman tidak dapat dipercaya. Tujuan mereka menyembunyikan kebenaran itu mencari keuntungan yang tidak berarti. Mereka juga berani berkata bahwasanya mereka tidak akan masuk neraka, melainkan hanya beberapa hari saja. Ucapan itu ditangkis Muhammad. Mereka akan tetap dalam neraka. Sesudah “Tarhib” ancaman itu disusul oleh ayat-ayat “Targib”, anjuran untuk beriman dan orang beriman akan tinggal selamanya dalam surga. Begitulah “Tarhib” dan “Targib” sering beriringan dalam susunan ayat-ayat Al Quranul Karim.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakri

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Allah mengetahui apa yang dirahasiakan oleh orang-orang Israil, yaitu kekufuran dan pendustaan Nabi Muhammad.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

77. Allah swt. berfirman, “Kalian memberitahukannya atau tidak memberitahukannya,” namun Allah swt. Maha Mengetahui segala sesuatu. Dan Allah swt. akan memberitahukan apa yang kalian sembunyikan kepada orang-orang beriman.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar