AL BAQARAH: 38

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 38
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

قُلْنَا ٱهْبِطُوا۟ مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَاىَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ .٣٨

38. Qulnahbitû minhâ jamî’â(n), fa’immâ ya’tiyannakum minnî hudan faman tabi’a hudâya falâ khaufun ‘alaihim wa lâ hum yahzanûn(a).

38. Kami berfirman, “Turunlah kamu sekalian (Adam suami-isteri dan syaitan). Manakala datang petunjuk-Ku kepada kamu, maka siapa yang mengikuti petunjuk-Ku itu, niscaya ia tidak akan merasa takut dan tidak pula merasa sedih.”

Ayat 35 s/d 39 menerangkan bahwa Adam suami-isteri diberi tempat tinggal dalam surga dengan syarat tidak boleh mendekati (memakan buah) sejenis pohon. Syaitan merayu Adam dengan segala kelicikannya. Akhirnya Adam teperdaya. Adam suami-isteri berikut syaitan disuruh keluar dari surga, kepada mereka dijanjikan akan datang petunjuk. Kita anak-cucunya yang mempunyai akal pikiran dan hawa-nafsu hendaklah berhati-hati dengan rayuan syaitan yang tetap menjalankan tipu muslihatnya. Dari dahulu kala semenjak Adam sudah diberikan peringatan berapa besar bahaya yang menimpa karena mengikuti rayuan syaitan.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Ketika Adam dan Hawa diusir dari surga, keduanya diberitahu oleh Allah bahwa akan datang para rasul yang membawa wahyu kepada keturunan mereka berdua sebagai petunjuk.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar