AL BAQARAH: 34

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 34
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَٰٓئِكَةِ ٱسْجُدُوا۟ لِءَادَمَ فَسَجَدُوٓا۟ إِلَّآ إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَٱسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلْكَٰفِرِينَ .٣٤

34. Wa iz qulnâ lil-malâ’ikatisjudû li âdama fasajadû illâ iblîs(a), abâ wastakbara wa kâna minal-kâfirîn(a).

34. (Dan ingatlah) waktu Kami berfirman kepada malaikat, “Tunduklah (beri hormatlah) kepada Adam,” lantas mereka memberi hormat kecuali Iblis.¹⁶ Ia enggan dan takabur dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

Ayat 30 s/d 34 menerangkan persoalan Nabi Adam diangkat menjadi Khalifah di muka bumi. Malaikat kuatir akan kesanggupan Adam karena padanya ada hawa-nafsu yang mendorong berbuat kerusakan. Malaikat merasa ia lebih suci. Akhirnya Allah s.w.t. menguji siapa yang lebih pintar. Ternyata Adam menang. Allah menyuruh Malaikat tunduk memberi hormat kepada Adam. Malaikat mentaati perintah Allah s.w.t. itu kecuali Iblis yang merasa ia lebih mulia kejadiannya. Dari dahulu kala Al Quranul Karim sudah membentangkan bahwa ilmu itu besar arti dan pengaruhnya. Sekarang juga ternyata demikian. Siapa (bangsa) yang pintar ialah yang menguasai dunia. Asal usul (kebangsawanan) tidaklah memegang peranan.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

16. Iblis termasuk kelompok jin dan termasuk yang diperintah untuk sujud.

KOSAKATA PILIHAN

34. Lil-malâ’ikatisjudû li âdama: (kepada para malaikat, “Bersujudlah kalian kepada Adam), yakni sujud penghormatan.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

📖 Sujud para malaikat kepada Adam semata-mata ketaatan atas perintah, bukan karena Adam pantas untuk disembah sebagai Tuhan.

📖 Iblis, yang menolak perintah Allah agar bersujud kepada Adam, sama sekali bukan dari golongan malaikat, melainkan dari golongan jin.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

34. Usjudû: Ini adalah penghormatan kedua yang diperoleh Nabi Adam setelah ilmu. Sujud artinya merendahkan dan mengakui kehinaan, yang puncaknya dengan cara meletakkan dahi di tanah (Tafsir Al-Qurtubi). Sujud seperti ini dalam syariat agama Islam tidak boleh dilakukan kepada selain Allah. Rasul saw. bersabda, “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan kepada perempuan agar sujud kepada suaminya.” (Sunan At-Tirmizi).

Wastakbara: Iblis membangkang dengan tidak mau bersujud kepada Nabi Adam. Menurut Al-Qur’an, iblis termasuk golongan jin, kemudian Allah menggolongkannya bersama dengan para malaikat. Oleh sebab itu, ia juga harus sujud, kepada Nabi Adam. Namun karena dengki dan sombong, ia tidak mau sujud, yang menunjukkan bahwa kesombongan adalah dosa yang pertama sekali dilakukan oleh iblis dalam sejarah manusia.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar