AL BAQARAH: 35

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 35
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286

وَقُلْنَا يَٰٓـَٔادَمُ ٱسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ ٱلْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ .٣٥

35. Wa qulnâ yâ âdamuskun anta wa zaujukal-jannata wa kulâ minhâ ragadan haisu syi’tumâ wa lâ taqrabâ hâzihisy-syajarata fa takûnâ minaz-zâlimîn(a).

35. Dan Kami berfirman, “Hai Adam, tinggallah engkau dan isterimu dalam surga. Dan makanlah makanannya dengan enak sesuai dengan kesukaanmu. Dan janganlah kamu dekati pohon ini!¹⁷ (Nanti) akibatnya kamu termasuk orang-orang yang aniaya.”¹⁸

Ayat 35 s/d 39 menerangkan bahwa Adam suami-isteri diberi tempat tinggal dalam surga dengan syarat tidak boleh mendekati (memakan buah) sejenis pohon. Syaitan merayu Adam dengan segala kelicikannya. Akhirnya Adam teperdaya. Adam suami-isteri berikut syaitan disuruh keluar dari surga, kepada mereka dijanjikan akan datang petunjuk. Kita anak-cucunya yang mempunyai akal pikiran dan hawa-nafsu hendaklah berhati-hati dengan rayuan syaitan yang tetap menjalankan tipu muslihatnya. Dari dahulu kala semenjak Adam sudah diberikan peringatan berapa besar bahaya yang menimpa karena mengikuti rayuan syaitan.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

17. Menurut setan, siapa yang memakan buah pohon itu, akan kekal di dalam surga (surah ke-20 Țāhā: 120)

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ ٱلشَّيْطَٰنُ قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ ٱلْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ .١٢٠

“Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?””

(Q.S. 20:120)

18. Zalim artinya aniaya. Orang yang zalim ialah orang yang melakukan perbuatan aniaya, yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

KOSAKATA PILIHAN

35. Wa kulâ minhâ ragadan: (dan makanlah oleh kamu berdua daripadanya dengan sepuasnya), yakni dengan segala keleluasaan atas kamu berdua.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Adam dan Hawa mendapatkan kebebasan untuk menempati setiap tempat di surga dan memakan makanan yang disukainya, kecuali buah dari satu pohon khusus yang tidak boleh dinikmati.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

35. Al-jannata: Ini adalah kemuliaan dan kehormatan ketiga bagi Nabi Adam dengan diberikannya surga untuk tempat tinggalnya. (Malaikat diperintahkan Allah bersujud kepada Adam adalah penghormatan kedua yang diperoleh Nabi Adam setelah ilmu).

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar