AL BAQARAH: 28

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 28
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِٱللَّهِ وَكُنتُمْ أَمْوَٰتًا فَأَحْيَٰكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ .٢٨

28. Kaifa takfurûna billâhi wa kuntum amwâtan fa’ahyâkum, summa yumîtukum summa yuhyîkum summa ilaihi turja’ûn(a).

28. Kenapa kamu kafir kepada Allah s.w.t? Padahal kamu dahulu mati (belum ada), kemudian Dia menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu dan menghidupkan kamu kembali dan akhirnya kepada-Nya kamu akan kembali.

Memang aneh kenapa orang mendurhakai Tuhan. Hidupnya ke dunia ini di luar pengetahuan dan kekuasaannya. Kematian tidak dapat dielakkannya. Ilmu dan teknologi betapapun majunya tidak akan dapat menghindarkan kematian. Setiap orang pasti mati. Akhirnya ia akan kembali kepada Tuhannya.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Tidak dapat dimengerti oleh akal sehat, makhluk yang asalnya tidak ada mengingkari keberadaan Penciptanya.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

28. Yuhyîkum: Ayat ini menyebutkan dua kehidupan dan kematian. Yang dimaksud dengan mati yang pertama adalah dahulunya tidak ada dan kehidupan yang pertama adalah dari rahim ibu lalu lahir ke dunia hingga menjemput ajal. Lalu datang kematian yang kedua dan kemudian kehidupan kedua yaitu kehidupan akhirat yang diingkari oleh orang-orang kafir dan mereka yang mengingkari adanya hari akhirat. Imam Asy-Syaukani menyebutkan pendapat-pendapat sebagian ulama bahwa alam kubur termasuk kehidupan dunia (yang pertama), namun yang tepat bahwa kehidupan barzakh merupakan gerbang atau jembatan awal dari kehidupan akhirat.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar