AL BAQARAH: 24

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 24
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

فَإِن لَّمْ تَفْعَلُوا۟ وَلَن تَفْعَلُوا۟ فَٱتَّقُوا۟ ٱلنَّارَ ٱلَّتِى وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ ۖ أُعِدَّتْ لِلْكَٰفِرِينَ .٢٤

24. Fa’illam taf’alû wa lan taf’alû fattaqun-nâral-latî wa qûduhan-nâsu wal-hijâratu u’iddat lil-kâfirîn(a).

24. Jika kamu tidak sanggup membuatnya dan sekali-kali kamu memang tidak akan sanggup, takutilah api neraka yang kayu bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.

Ayat 21 s/d 24 ini memanggil seluruh umat manusia untuk menyembah Allah s.w.t. yang menjadikan segala sesuatu, alam semesta, untuk melengkapkan keperluan umat manusia. Manusia dipanggil agar ia menyembah Allah s.w.t. saja, tidak mempersekutukan-Nya dengan apa jua pun. Orang-orang yang masih ragu atas kebenaran, bahwa Al Quranul Karim dari Allah s.w.t. ditantang agar ia membuat satu surat saja yang sama dengan Al Quranul Karim itu. Ternyata sesudah empat belas abad sampai sekarang tidak ada seorang jua pun yang dapat melakukannya. Orang Arab, bagaimanapun tingginya sastranya, juga tidak sanggup. Al Quranul Karim adalah suatu mukjizat besar yang tidak ada bandingannya. Ia akan tetap abadi sampai akhir zaman.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Sampai kapan pun dan di mana pun, tidak akan ada satu makhluk pun yang bisa menandingi kemukjizatan Al-Qur’an.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

24. Dari ayat di atas kita mengetahui bahwa pertama, neraka pada dasarnya disediakan bagi orang kafir dan musyrik. Kedua, bahwa neraka dan surga sudah diciptakan sejak dahulu dan ini adalah mazhab salaf. Dan keduanya bukanlah suatu yang belum diciptakan, hanya gambaran saja, sebagaimana yang diyakini para pembaharu dan ingkar Hadis.

Wal-hijârah(tu): Menurut Ibnu ‘Abbas yang dimaksud dengan “Batu” adalah batu kibrit. Dan menurut sebagian pendapat bahwa yang dimaksud adalah patung-patung yang mereka sembah dan puja kelak menjadi bahan bakar api neraka. Sebagaimana yang terdapat dalam QS Al-Anbiyâ’: 98. Untuk penjelasan lebih jelas, lihat keterangan surah Al-Anbiyâ’: 98-101 dan Az-Zukhruf: 58.

HADIS PILIHAN

24. Dari Abu Hurairah ra., Rasul saw. bersabda, “Api anak Adam yang kalian nyalakan adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari api neraka Jahanam.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, api itu saja sudah cukup.” Rasul saw. bersabda, “Sesungguhnya api neraka Jahanam itu lebih panas daripada api dunia ini 69 kali lipat, setiap bagiannya sama dengan panas api dunia.” (HR Al-Bukhari, Muslim, Malik, dan Ahmad)

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar