AL BAQARAH: 22

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 22
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ فِرَٰشًا وَٱلسَّمَآءَ بِنَآءً وَأَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجَ بِهِۦ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا۟ لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ .٢٢

22. Al-lazî ja’ala lakumul-arda firâsyaw was-samâ’a binâ’aw wa anzala minas-samâ’i mâ’an fa akhraja bihî minas-samarâti rizqal lakum, falâ taj’alû lillâhi andâdaw wa antum ta’lamûn(a).

22. Tuhan yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan (tempat kamu tinggal) dan langit (ibarat) atap. Allah menurunkan hujan dari langit. Dengan air hujan itu tumbuh dan keluarlah buah-buahan rezeki untukmu. Janganlah kamu adakan bandingan (sekutu-sekutu) Allah s.w.t. dengan yang lain. Padahal kamu mengetahui (Allah s.w.t. itu Maha Tunggal, tidak ada sekutu-Nya).

Ayat 21 s/d 24 ini memanggil seluruh umat manusia untuk menyembah Allah s.w.t. yang menjadikan segala sesuatu, alam semesta, untuk melengkapkan keperluan umat manusia. Manusia dipanggil agar ia menyembah Allah s.w.t. saja, tidak mempersekutukan-Nya dengan apa jua pun.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

KOSAKATA PILIHAN

22. Al-lazî ja’ala lakumul-arda firâsyan: (Yang telah menjadikan untuk kalian bumi sebagai hamparan) dan tempat tidur.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Allah menyediakan bumi untuk tempat tinggal manusia, air sebagai penopang utama kehidupan, dan berbagai jenis buah-buahan.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

22. Setelah menceritakan ketiga macam golongan manusia yang berada dalam petunjuk dan kesesatan, Allah memerintahkan manusia agar beribadah kepada-Nya dengan menjelaskan kekuasaan-Nya. Allah berfirman, “Jika Allah yang telah menciptakan kamu dan alam semesta, lalu menyediakan segala kebutuhan yang kamu perlukan, maka mengapa kamu menyembah kepada selain-Nya? Mengapa kamu mengadakan sekutu bagi-Nya?” Jalan keselamatan hanya dapat diperoleh dengan mengesakan Allah, beribadah hanya kepada-Nya dan jangan menyekutukan-Nya dengan yang lain.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar