AL BAQARAH: 65

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 65
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَلَقَدْ عَلِمْتُمُ ٱلَّذِينَ ٱعْتَدَوْا۟ مِنكُمْ فِى ٱلسَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُونُوا۟ قِرَدَةً خَٰسِـِٔينَ .٦٥

65. Wa laqad ‘alimtumul-lazîna’tadau minkum fis-sabti fa qulnâ lahum kûnû qiradatan khâsi’în(a).

65. Sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar peraturan pada hari Sabtu³² (hari yang khusus untuk beribadat bagi orang Yahudi). Kami berfirman kepada mereka, “Jadilah kamu kera yang hina.”³³

Ayat 64 s/d 66 masih memberitakan ulah kaum Bani Israil terhadap Nabi Musa. Sesudah mendapat makanan yang enak-enak, mereka meminta makanan lain yang lebih buruk. Himbauan agar mereka beriman tidak juga mempan. Janji mereka akan menjalankan isi Taurat tidak mereka patuhi. Walaupun diancam dengan diangkatkan bukit di atas mereka, namun mereka tetap memungkiri janjinya. Hari Sabtu yang dikhususkan untuk mereka beribadat, tidak mereka pedulikan. Semua peristiwa itu menjadi iktibar dan pelajaran dari dahulu sampai sekarang.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

32. Hari Sabat ialah hari Sabtu, hari khusus bagi orang yahudi untuk beribadah.

33. Kera: Betul-betul menjadi kera sebagai kutukan Allah. Sebagian mufasir mengartikan memiliki sifat-sifat seperti kera.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang-orang Israil diingatkan kembali pada pengetahuan mereka tentang nasib suku Elia yang dikutuk menjadi kera, karena melanggar larangan mencari ikan di hari Sabtu dengan berbagai rekayasa.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

65. As-sabti: Hari Sabtu adalah hari di mana Bani Israil dilarang menangkap ikan dan melakukan pekerjaan-pekerjaan duniawi. Namun mereka melanggar perintah dengan merancang tipu daya sehingga mereka tetap dapat berburu ikan pada hari Sabtu. Sebagai ujian, pada hari Sabtu banyak ikan yang muncul di permukaan sedangkan hari-hari yang lain tidak seekor ikan pun muncul. Maka mereka membuat tipu daya dengan menggali pasir dan membuat parit yang dihubungkan ke laut, lalu datanglah ombak membawa ikan-ikan itu ke galian yang mereka buat. Dan pada hari Minggu mereka mengambil ikan-ikan tersebut.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar