AL BAQARAH: 63

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 63
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ ٱلطُّورَ خُذُوا۟ مَآ ءَاتَيْنَٰكُم بِقُوَّةٍ وَٱذْكُرُوا۟ مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ .٦٣

63. Wa iz akhaznâ mîsâqakum wa rafa’nâ fauqakumut-tûr(a), khuzû mâ âtainâkum biquwwatiw wazkurû mâ fîhi la’allakum tattaqûn(a).

63. Dan (ingatlah) ketika Kami memegang janjimu dan Kami angkat gunung di atasmu. Peganglah teguh kitab Taurat yang Kami berikan kepadamu dan ingatilah (ikutilah) isi yang terkandung di dalamnya agar kamu bertakwa.

Sesudah ayat-ayat yang memberikan ancaman kepada Bani Israil, disusul dengan ayat-ayat yang mendorong untuk beriman dan beramal saleh dan janji Allah s.w.t. akan memberi pahala. Susunan seperti itu namanya “Tarhib” dan “Targib”, (ancaman dan anjuran) sering sekali ditemui dalam Al Quranul Karim. Ayat-ayat yang memberi khabar suka dan duka sering beriringan.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang-orang Israil pada masa lalu diperintah oleh Allah agar konsisten menjalankan dan mengikuti aturan-aturan hukum yang ada dalam Taurat, namun mereka mengingkarinya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar