AL BAQARAH: 58

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 58
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَإِذْ قُلْنَا ٱدْخُلُوا۟ هَٰذِهِ ٱلْقَرْيَةَ فَكُلُوا۟ مِنْهَا حَيْثُ شِئْتُمْ رَغَدًا وَٱدْخُلُوا۟ ٱلْبَابَ سُجَّدًا وَقُولُوا۟ حِطَّةٌ نَّغْفِرْ لَكُمْ خَطَٰيَٰكُمْ ۚ وَسَنَزِيدُ ٱلْمُحْسِنِينَ .٥٨

58. Wa iz qulnadkhulû hâzihil-qaryata fakulû minhâ haisu syi’tum ragadaw wad-khulul-bâba sujjadaw wa qûlû hittatun nagfir lakum khatâyâkum, wa sanazîdul-muhsinîn(a).

58. Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman, “Masuklah ke dalam negeri ini (Baitulmakdis) dan makanlah hasilnya dengan enak menurut kesukaanmu. Dan masuklah ke pintu gerbangnya dengan menundukkan kepala, dan katakanlah, “Hittah” (Ya Allah, bebaskanlah kami dari dosa), niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami tambah pahala orang-orang yang berbuat baik.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

KOSAKATA PILIHAN

58. Wa qûlû hittatun: (dan katakanlah, “hittah”), yakni mudah-mudahan Engkau menghapus dosa-dosa kami. Ada juga yang berpendapat maksud kata ‘hittah‘ adalah lâ ilâha illallâh (tidak ada tuhan selain Allah).

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

📖 Betapa sering orang-orang Israil diingatkan atas nikmat-nikmat yang mereka terima, namun kezaliman yang mereka lakukan sebagai imbal baliknya, bukan bersyukur.

📖 Tindakan pembangkangan merupakan kebiasaan Bani Israil, terutama ketika diperintah untuk berjihad oleh para nabi mereka.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar