AL BAQARAH: 6

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 6
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ سَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ .٦

6. Innal-lazîna kafarû sawâ’un ‘alaihim a’anżartahum am lam tunżirhum lâ yu’minûna(a).

6. Sesungguhnya orang-orang kafir⁸ sama saja engkau beri peringatan atau tidak. Mereka tetap tidak akan beriman.

Sesudah diterangkan sifat-sifat orang yang takwa diiringi dengan penjelasan sifat-sifat orang kafir. Susunan perbandingan yang baik dan buruk, mukmin dan kafir, taat dan durhaka secara beriringan sering kali disebutkan dalam Al Quranul Karim. Bagi orang kafir yang sudah begitu tebal rasa kekafiran itu, pelajaran tidak memberi bekas lagi. Mata hati, pendengaran dan penglihatannya sudah tertutup mati. Azab sengsaralah yang akan mereka derita.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

8. Kafir, jamaknya kuffâr, yaitu orang yang tidak percaya kepada Allah, Rasul-rasul-Nya, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, dan hari Kiamat.

KEUTAMAAN SURAH

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Nabi saw. pernah bersabda, “Bacalah Al-Baqarah karena membacanya membawa keberkahan, sedang meninggalkannya adalah satu bentuk kerugian. Para tukang sihir tak akan mampu melawannya!”

ASBÂBUN NUZÛL

Ayat 6-7.
Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ar-Rabi’ bin Anas, dia berkata, “Dua ayat ini diturunkan berkenaan dengan Perang Ahzab, yaitu QS Al-Baqarah: 6-7.”

KOSAKATA PILIHAN

6. A anżartahum: (apakah kamu beri mereka peringatan), yakni apakah kamu takut-takuti mereka dengan Al-Qur’an.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Orang kafir adalah orang yang menolak dan menyembunyikan kebenaran dari Allah yang dalilnya telah jelas.

Mereka yang menyenangi kekufuran dan memusuhi keimanan tidak akan menghiraukan peringatan.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYAN

6. Rasulullah ingin agar seluruh orang kafir memeluk Islam, dan ia berusaha sekuat mungkin untuk itu. Namun Allah berfirman bahwa iman tidak diberikan kepada semuanya. Ada sebagian orang yang hatinya sudah dikunci (distempel) seperti Abu Jahal, Abu Lahab, dan lainnya. Walaupun begitu, dengan dakwah yang beliau lakukan, banyak yang memeluk Islam sehingga seluruh Jazirah Arab berada dalam naungan agama Islam.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar