AL BAQARAH: 4

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 4
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ .٤

4. Wal-lażîna yu’minûna bimâ unzila ilaika wa mâ unzila min qablik(a), wa bil-âkhirati hum yûqinûn(a).

4. Dan orang-orang yang percaya kepada apa (Kitab Al Quranul Karim) yang diturunkan kepadamu, begitu juga mereka percaya kepada apa (kitab-kitab) yang diturunkan sebelum kamu.⁷ Dan mereka yakin adanya hari akhirat.

Percaya kepada kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Quranul Karim hanyalah sekedar mempercayai adanya kitab-kitab itu dahulu kala, tidak mempercayai kitab-kitab yang ada sekarang, karena sudah ada Al Quranul Karim yang harus diamalkan isinya. Keyakinan yang mantap dengan adanya hari akhirat, hari pembalasan, akan menjadikan orang tetap selalu menjaga amal perbuatannya sesuai dengan ajaran agama agar ia bahagia pada hari akhirat yang kekal abadi itu.

Ayat 2, 3, 4 dari Surat Al Baqarah ini menerangkan enam macam sifat orang yang takwa: 1. Iman kepada Kitab Al Quranul Karim. 2. Iman kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah sebelum Al Quranul Karim. 3. Mendirikan salat. 4. Memberi infak pada jalan yang baik. 5. Iman kepada yang gaib. 6. Yakin adanya hari akhirat.

Orang-orang yang takwa dan mempunyai enam sifat yang sudah diterangkan pada ayat 2, 3, dan 4 akan menang di dunia dan di akhirat.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

7. Yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad saw. ialah: Taurat, Zabur, Injil, dan suhuf-suhuf (lembaran-lembaran) yang tidak seperti Kitab.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Mengimani kitab yang lalu adalah meyakini bahwa Allah pun menurunkan aturan kebenaran bagi umat terdahulu.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

4. Qablik(a): Yakni, beriman kepada kitab-kitab sebelum Al-Qur’an, dengan cara meyakini kebenaran kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi, walaupun isinya sudah tidak asli seperti ketika diturunkan. Pada saat ini kitab tersebut tidak dapat diamalkan, karena harus mengikuti Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar