AL BAQARAH: 2

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 2
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286.

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ .٢

2. Żâlikal-kitâbu lâ raiba fîh(i), hudal lil-muttaqîn(a).

2. Kitab Al Quranul Karim tidak disangsikan (kebenarannya). Menjadi petunjuk bagi orang-orang yang takwa.⁵

Kebenaran Al Quranul Karim dari Allah s.w.t. tidak disangsikan sedikit jua pun. Tidak ada seorang jua pun sesudah 14 abad yang sanggup membuat kitab seperti itu. Tidak orang Arab yang begitu tinggi kesusasteraannya dan tidak pula bangsa lain betapapun dalam ilmunya dan pintarnya menguasai bahasa Arab.

Ayat 2, 3, 4 dari Surat Al Baqarah ini menerangkan enam macam sifat orang yang takwa: 1. Iman kepada Kitab Al Quranul Karim. 2. Iman kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah sebelum Al Quranul Karim. 3. Mendirikan salat. 4. Memberi infak pada jalan yang baik. 5. Iman kepada yang gaib. 6. Yakin adanya hari akhirat.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

5. Takwa yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

Tidak ada alasan dan bukti sama sekali untuk meragukan kebenaran isi Al-Qur’an, yang merupakan cahaya penerang bagi orang-orang yang menjauhi kemusyrikan.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

2. Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk dan pedoman bagi seluruh manusia. Nilai-nilai di dalamnya hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang memiliki rasa takut kepada Allah swt. Sedangkan orang yang tidak memikirkan bahwa mereka akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan Allah, maka tidak akan memperoleh hidayah dari-Nya

Fîh(i): Tidak ada keraguan bahwa Al-Qur’an diturunkan dari sisi Allah swt., sebagaimana firman-Nya: Turunnya Al-Qur’an itu tidak ada keraguan padanya, (yaitu) dari Tuhan seluruh alam(QS 32: 2). Menurut sebagian ulama, kalimat lã raiba fîh(i) merupakan kalimat berita yang mengandung arti larangan. Selain itu, tidak ada keraguan tentang kebenaran kisah-kisah dan hukum di dalamnya, juga kebenaran akidah-akidahnya, dan tidak diragukan pula bahwa Al-Qur’an menjadi kunci menuju kebahagiaan dan kesuksesan bagi manusia.

RENUNGAN AYAT

Tidak ada alasan dan bukti sama sekali untuk meragukan kebenaran isi Al-Qur’an, yang merupakan cahaya penerang bagi orang-orang beriman. Adalah sebuah kenyataan ketika banyak orang yang asalnya sangat membenci Al-Qur’an lalu berbalik mencintainya, karena mereka tidak menemukan celah untuk mengingkari dan membencinya.

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar