AL BAQARAH: 1

AL BAQARAH (SAPI BETINA): 1
Surat ke-2. Jumlah ayatnya 286

الٓمٓ .١

1. Alif Lâm Mîm.

1. Alif Laam Miim.⁴

Ayat ini dibaca putus-putus satu demi satu huruf. Ia tersusun dari huruf-huruf alfabet Arab. Tidak mempunyai arti seperti perkataan. Ada dua puluh sembilan surat yang dimulai dengan huruf-huruf yang berbunyi seperti: Qaf, Ha, ‘Ain Shaad, Alif Laam Raa, Alif Laam Shaad, dsb. Ada ahli tafsir yang berpendapat, Allah s.w.t. sajalah yang tahu apa maksudnya. Dalam tafsir Al Manar dijelaskan bahwa maksudnya untuk menarik perhatian pendengar kepada ayat-ayat yang akan dibacakan sesudah itu. Bagi orang Arab membaca huruf-huruf seperti itu menarik perhatian sekali karena belum pernah mereka dengar. Jadi perhatian mereka tertuju sepenuhnya pada apa yang akan disebutkan Rasulullah s.a.w. sesudah itu. Pada umumnya yang diterangkan sesudah itu ialah tentang Al Quranul Karim. Mukjizatnya, kebenarannya, wahyu Allah s.w.t. dan lain-lain soal yang sangat penting. Kalau diumpamakan dalam rapat, ibarat palu ketua rapat untuk menenangkan hadirin agar perhatian penuh tertuju kepada uraian ketua rapat. Inilah tafsir yang masuk akal (rasional). Pada surat-surat lain yang dimulai dengan huruf-huruf, keterangan ini tidak diulangi lagi.

TAFSIR RAHMAT
H. Oemar Bakry

4. Beberapa surah dalam Al-Qur’an dibuka dengan huruf abjad seperti Alif Lâm Mîm, Alif Lâm Râ, dan sebagainya. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu. Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah, ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk mengisyaratkan bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad itu.

INTISARI TAFSIR IBNU KAŠIR

📖 Secara total, 286 ayat dalam surah Al-Baqarah diturunkan di Madinah. Ia merupakan surah pertama yang turun setelah Nabi hijrah.

📖 Alif lâm mim memiliki makna, namun tidak dapat disingkap oleh orang-orang yang banyak melakukan kemaksiatan.

TAFSIR RINGKAS AHSANUL BAYÂN

Surah ini menjelaskan kisah sapi betina, karena itu dinamai dengan surah Al-Baqarah (sapi betina). Surah ini memiliki keutamaan sebagaimana sabda Nabi saw, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sungguh setan akan menjauhi rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR Muslim, Kitâb Şalât Al-Musâfir)

Menurut Ibnu Kašir, seluruh ayat dalam surah Al-Baqarah diturunkan pada periode Madinah. Hanya saja ada sebagian ayat yang diturunkan ketika haji Wada’. Sebagian ulama menyebutkan dalam surah ini terdapat seribu berita, seribu ayat hukum dan seribu ayat tentang perkara yang dilarang dan diharamkan.

1. Alif Lâm Mîm: Huruf-huruf ini disebut huruf Muqatta’ât (terpisah-pisah) karena ia dibaca secara terpisah-pisah. Tidak ada satu riwayat sahih yang menjelaskan artinya. Hanya Allah swt. yang mengetahui artinya. Hanya saja Rasulullah saw. pernah bersabda, “Aku tidak mengatakan alif lâm mîm itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lâm satu huruf dan mîm satu huruf. Satu huruf yang dibaca dibalas dengan satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR At-Tirmizi, Kitâb Fadâ’il Al-Qur’ân)

AL-QUR’ANKU MASTERPIECE 55 IN 1

Tinggalkan komentar